Cara Membuat Blog di Blogger

Cara Membuat Blog di Blogger mudah saja. Blogger merupakan salah satu platform blog terkenal milik google. Dengan menggunakan platform blogger, kita tidak perlu sewa hosting karena sudah di sediakan gratis oleh google. Kita bisa membuat blog dengan menggunakan subdomain blogspot.com. Selain itu bila ingin custom domain juga blogger membolehkan. Bisa beli domain di mana saja seperti di google domain dan penyedia domain lainnya yang ada di dunia.

Sebelum membuat blog di blogspot, terlebih dahulu anda harus punya email gmail. Bila belum punya email gmail silakan ke artikel cara membuat email gmail ini.

Berikut Cara Membuat Blog dengan Blogspot.com

Kunjungi Url ini https://www.blogger.com/

Klik Create Your Blog

Anda akan diminta memasukkan alamat email. Masukkan saja alamat email yang sudah di buat tadi. Bila belum punya pilih Create Account.

Setelah itu anda di minta memasukkan Nama Tampilan untuk Profil Blogger.

Anda sudah berhasil masuk dan membuat profil blogger. Namun pada tahap ini anda belum membuat blog. Pilih Buat Blog Baru.

Tahap selanjutnya masukkan nama blog dan alamat blog yang akan dibuat. Perhatikan tanda centang, bila berwarna biru artinya alamat blog tersedia dan bisa anda gunakan. Bila tanda centang berwarna merah artinya alamat blog tersebut sudah di pakai orang lain dan tidak tersedia. Jadi anda harus mengganti alamat blog tersebut.

Jangan lupa pilih salah satu template blog yang anda suka. Di lain waktu anda bisa mengubah template custom blogger sesuai keinginan anda.

Untuk membuat sebuah artikel. Klik entri baru atau buat postingan baru.

Buat judul artikel kemudian ketik artikel anda. Anda bisa menambahkan cetak tebal, cetak miring, garis bawah. Selain itu bisa juga mewarnai text sesuai keinginan.

Anda juga bisa mengatur tag Heading. Ada 4 pilihan yaitu:

  • Heading (h2)
  • Sub Heading (h3)
  • Minor Heading (h4)
  • Normal

Di samping kanan dasbor ada menu Label. Label ini adalah kategori dari artikel yang anda buat. Misal anda membuat artikel tentang turorial, buat label Tutorial di kolom label tersebut.

Jadwal maksudnya anda bisa menjadwalkan kapan akan di publikasikan. Misalnya anda membuat artikel hari ini tetapi akan di publikasikan besok. Silahkan atur saja tanggalnya dan bila tiba waktunya akan di publikasikan otomatis oleh blogger.

Tautan permanen atau bisa juga di sebut permanen link adalah url dari artikel yang anda buat. Misal anda membuat artikel cara membuat blog. Url nya http://namabloganda.blogspot.com/2019/02/cara-membuat-blog.html. Anda bisa memodifikasi url sesuai keinginan anda. Namun setelah di publish tidak bisa dirubah.

Jadi kita hanya bisa membuat tautan permanen hanya sekali saja untuk satu artikel. Bila terlanjur ingin merubahnya maka salin dulu artikel anda ke notepad dan hapus artikel yang tadi kemudian buat post terbaru.

Anda juga bisa memasukkan Link, Gambar dan Video kedalam artikel. Untuk memasukkan link, klik link. Masukkan text link tersebut atau lebih dikenal dengan sebutan Anchor Text. Dan masukkan url link yang akan dibuat.

Di bagian bawah ada pilihan Open this link in a new window. Artinya saat link tersebut di klik pada artikel anda maka browser akan otomatis membuka tab baru.

Selain itu ada juga pilihan Add rel=nofollow attribute. Ini berfungsi membatasi robot google untuk merayapi link tersebut. rel nofollow artinya link yang anda berikan ke domain tersebut tidak akan diikuti oleh google. Namun tetap akan di hitung backlink oleh google.

Sederhananya begini, bila anda tidak yakin dengan kredibilitas tautan tersebut maka centang saja rel nofollow tersebut. Bila yakin terhadap situs yang anda beri link maka tidak usah di centang. Tidak di centang artinya rel Follow bukan nofollow. Follow artinya google akan merayapi link yang anda berikan tersebut.

Selain menambahkan link, anda juga bisa menambahkan gambar kedalam artikel yang akan dibuat. Klik icon gambar lalu pilih file dari komputer anda.

Anda juga bisa memasukkan video kedalam artikel anda. Klik icon video dan pilih video untuk diupload.

Cukup sekian tutorial membuat blog di blogger. Semoga anda faham tahap dasar membuat blog gratisan di blogspot tersebut.