Niat Puasa Bulan Rajab, Berapa Hari Puasa Rajab Itu ? Simak di Sini

Bulan rajab segera tiba. Mari kita bersiap untuk melaksanakan Puasa Sunnah rajab. Tentunya bila kita belum hafal niat berpuasa di bulan rajab kita harus menghafalnya atau minimal membaca niatnya di malam hari sebelum shubuh.

Bulan rajab bulan yang penuh berkah. Bulan rajab merupakan bulan ketujuh kalender Hijriyah. Bulan rajab juga sebagai bulan yang bersejarah karena peristiwa isra' mi'raj berlangsung di bulan rajab. Di saat itulah Rosulullah mendapatkan perintah sholat lima waktu.

 

Bulan rajab juga telah di yakini sebagai bulan yang menyimpan sejarah besar tentang isra mi’raj baginda nabi saw yang kemudian mendapatkan wahyu berupa perintah shalae wajib lima waktu.

Keistimewaan bulan rajab karena termasuk salah satu bulan mulia dari yaitu Zulkaidah, dzulhijah, Muharam dan Rajab. Hal itu terdapat pada Al-Qur'an Surat At-taubah Ayat 36 dan juga di perkuat oleh hadits nabi Muhammad SAW.

Berikut ini Niat Puasa Sunnah di Bulan Rajab :


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALAA

Artinya : Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala

Bila pada malam hari anda belum sempat melafazkan niat puasa rajab tetapi ingin tetap berpuasa sunnah rajab maka niat nya simak di bawah ini

Berikut ini lafal niat puasa sunah Rajab di siang hari:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Rajaba lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

Mari kita isi bulan rajab ini dengan berpuasa sunnah. Lalu Berapa hari puasa rajab itu ? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenai kapan atau berapa hari puasa rajab di laksanakan, para ulama dalam hal ini berbeda pendapat yaitu

Pertama, untuk mayoritas ulama dari kalangan Madzhab Hanafi, Maliki dan Syafi’i berpendapat bahwa puasa Rajab hukumnya Sunnah selama 30 hari serta pendapat ini juga menjadi qaul dalam madzhab Hanbali dan kedua madzhab Hanbali berpendapat bahwa berpuasa Rajab secara penuh (30 hari) hukumnya makruh apabila tidak disertai dengan puasa pada bulan-bulan yang lainnya.

Tetapi Kemakruhan ini akan menjadi hilang apabila tidak berpuasa dalam satu atau dua hari dalam bulan Rajab tersebut, atau dengan berpuasa pada bulan yang lain.

Puasa rajab bisa di lakukan semampunya. Namun lebih di utamakan sebanyak 10 hari dimulai tanggal 1 rajab.

Sekian dulu ulasan singkat mengenai niat puasa rajab dan berapa dari puasa rajab tersebut. Semoga anda mendapat hikmah dengan membaca artikel sederhana ini. Selamat berpuasa sunnah rajab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel