Manfaat dan Nutrisi Ikan Belut Sawah Untuk Kesehatan

Manfaat dan Nutrisi Ikan Belut Sawah Untuk Kesehatan Belut merupakan jenis ikan bergizi tinggi memiliki tubuh bulat memanjang seperti ular tidak bersirip dan memiliki sedikit sisik berlendir yang berfungsi sebagai alat beradaptasi untuk melindungi dirinya dari serangan predator yang mengancam dirinya.

Manfaat dan Nutrisi Ikan Belut Sawah Untuk Kesehatan

Belut masuk kedalam suku Synbranchidae yang terdiri dari 4 genera dan 20 jenis, namun dari jenisnya belum bisa dipastikan dan kemungkinan besar jenis ikan ini akan bertambah. Keberadaan anggota dari ikan belut ini banyak dijumpai didaerah-daerah tropis seperti Indonesia.

Belut memiliki ukuran yang berfariasi, dari jenis satu dengan jenis lainnya sangat jauh berbeda misalnya belut jenis monopterus indicus hanya memiliki panjang maksimal 8,5 cm sedangkan jenis belut sawah yang sering kita jumpai dirumahan panjangnya bisa mencapai 1,5 cm.

Belut sangat berbeda dengan ikan Sidat (Anguilla Sp), kebanyakan orang awam menyebutkan bahwa belut sama dengan sidat atau yang lebih dikenal pelus bagi orang Jawa. Pendapat ini jelas-jelas salah, belut tidak memiliki sirip kecuali sedikit sedangkan sidat Anguila sp memiliki sirip yang jelas dan dibelakang kepala terdapat sirip kecil yang terlihat seperti daun telinga.

Belut banyak dijumpai di air tawar daerah persawahan sedangkan sidat banyak dijumpai dilaut muara atau pertemuan antara sungai dan pantai, hal ini dikarenakan sidat akan bermigrasi dari air tawat menuju air laut untuk memijah, sedangkan belut tidak melalukan itu.

Belut termasuk hewan yang suka bersembunyi dilumpur pada sang hari sedangkan peda malam hari belut akan keluar untuk mencari makan, hal ini yang menyebabkan belut dikelompokkan kedalam hewan nocturnal atau hewan yang aktif pada malam hari.

Belut juga tergolong pada hewan karnivora atau hewan yang suka memakan daging. Belut akan memakan semua jenis binatang kecil yang ada didekatnya seperti plankton, ikan kecil, katak kecil dan jenis hewan lainya.

Belut termasuk jenis hewan yang unik, karena bisa berganti jenis kelamin. Belut muda yang berumur dibawah 9-12 bulan memiliki kelamin betina, sedangkan belut yang lebih dari 1 tahun atau menua akan berganti jenis kelamin menjadi jantan.

Nutrisi yang terdapat pada Ikan Belut

Dilihat dari tempat tinggal dan bentuk tubuh, belut ternyata menyimpan banyak gizi yang baik bagi kesehatan manusia. Kandungan gizinya tidak kalah tinggi jika dibandingkan dengan telur dan daging sapi. Hanya saja bagi yang menderita penyakit kolestrol dianjurkan tidak terlalu banyak mengkonsumsi ikan belut, karena belut mengandung lemak yang cukup tinggi, namun bagi yang tidak mempunyai penyakit kolestrol, ikan belut baik untuk dikonsumsi karena belut mengandung gizi berupa Omega-3, Omega-6, Protein, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B-6, Vitamin B-12, Kalori, Magnesium, Kolestrol, Seng, Selenium, Fosfat, Fosfor, dan lain sebagainya.

Manfaat daging ikan belut bagi kesehatan

1. Belut merupakan solusi bagi para penderita Anemia, karena kandungan Zat besi hingga 2,0 mg/100 gram. Penyakit Anemia adalah penyakit yang akibatkan kekurangan sel darah merah dan Zat besi didalam tubuh manusia.
2. Belut juga baik diberikan untuk makanan tambahan bagi anak-anak, karena kandungan protein dan gizi lainnya akan merangsang pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak.
3. Telur merupakan bahan pembangkit stamina, namun jika dibandingkan dengan telur, belut jauh lebih baik dalam membangkitkan stamina karena kandungan Kalorinya jauh lebih tinggi.

Demikian saja Manfaat dan Nutrisi Ikan Belut Sawah Untuk Kesehatan, terima kasih telah berkunjung dan salam sehat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel