Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan : Pencernaan, Tulang, Tekanan Darah, Mata, Ginjal

Kali ini kita akan membahas manfaat buah pisang untuk kesehatan dan mengobati penyakit. Salah satu alasan mengapa Anda harus mengkonsumsi buah pisang adalah selain rasanya yang nikmat dan harganya yang cukup terjangkau, pisang ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Buah ini banyak mengandung vitamin dan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zink dan vitamin yaitu C, B kompleks, dan B6.

Manfaat Buah Pisang

Dengan adanya kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan beragam pada pisang, maka banyak sekali manfaat bila rajin mengkonsumsi buah yang satu ini.

Semua orang pastinya sudah mengenal dan pernah makan buah pisang. Tetapi'masih banyak yang belum mengetahui apa saja manfaat yang terdapat dalam buah pisang. Simak ulasan tentang manfaat buah pisang di bawah ini.

1. Kesehatan Saluran Pencernaan

Dalam buah pisang terdapat kandungan serat yang dapat membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dan mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Selain itu kandungan pektin yang terdapat pada buah pisang juga mampu mencegah sembelit. Manfaat buah pisang ini bisa didapatkan dengan cara rutin mengkonsumsi pisang sehingga juga dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena kanker lambung.

2. Baik Untuk Ginjal

Manfaat buah pisang bagi kesehatan ginjal karena'Kandungan potasium yang dimilikinya. Jika tubuh kita mendapatkan asupan potasium yang cukup, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin dengan baik. Hal ini tentunya akan membuat ginjal berfungsi secara optimal serta dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

3. Kesehatan Tulang

Fructooligosaccharide adalah salah satu prebiotik baik yang terdapat pada buah pisang yang dapat membuat tubuh kita menyerap nutrisi secara lebih mudah dan maksimal. Jika kalsium terserap secara maksimal maka akan membuat tulang menjadi sehat dan kuat. serta akan mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah pisang untuk menurunkan tekanan darah adalah karena'Kadar kalium didalam buah pisang. Kadar kalium bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi serta stroke. Karena itu mengapa para dokter sering menganjurkan kepada pasien penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) agar mengkonsumsi lebih banyak pisang.

5. Penambah Energi

Saat memakan pisang maka tubuh akan lebih cepat kenyang, hal itu disebabkan karena kandungan karbohidrat sehat yang terdapat pada pisang. Karbohidrat ini yang dapat menambah energi bagi tubuh kita.

6. Kesehatan Mata

Resiko Gangguan pengelihatan karena usia senja atau biasa disebut degenerasi makula dapat diatasi atau dicegah dengan mengkonsumsi setidaknya tiga buah pisang setiap hari.

7. Memengaruhi Mood

Pisang ternyata juga memiliki pengaruh dalam meningkatkan mood Anda. Kandungan neurotransmiter yang terdapat pada buah ini bisa membantu Anda merasa tenang serta juga menstabilkan suasana hati (mood) secara alami.

Setelah mengetahui apa saja manfaat buah pisang untuk kesehatan, sebaiknya mulai sekarang kita rajin mengkonsumsinya. semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel