Keindahan Arsitektur Candi Mendut Magelang Jawa Tengah

Candi Mendut merupakan candi Budha yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur kurang lebih sekitar tiga kilometer saja. Apabila dibandingkan dengan Candi Borobudur, candi ini ternyata memiliki usia yang lebih tua walaupun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Candi ini sekarang menjadi objek wisata di Kabupaten Magelang terletak di Jawa Tengah.

Keindahan Arsitektur Candi Mendut Magelang Jawa Tengah

Sejarah Candi Mendut Magelang, didirikan pada tahun 824 Masehi oleh Raja Indra pada masa pemerintahan dinasti Syailendra. Candi ini termasuk ke dalam tiga rangkaian candi yang di daerah Mungkid yaitu mulai dari Candi Borobudur, Candi Pawon, dan terakhir Candi Mendut. Terdapat cerita-cerita mendalam yang terukir menjadi sebuah relief di candi yang terakhir ini.

Para pengunjung yang datang bisa memasuki pintu Candi Mendut yang berada di barat laut. Candi ini memiliki empat puluh delapan stupa yang berada di puncak atas dan relief-relief unik berselang seling di mana menggambarkan berbagai macam makhluk kahyangan.

Memasuki candi maka anda bisa melihat sebuah altar yang cukup besar beserta tiga buah arca Budha. Sayangnya pengunjung dilarang menyentuh patung tersebut karena di sekelilingnya dibangun pagar besi, namun anda masih boleh mengabadikan arca-arca ini dengan kamera.

Candi ini dikelilingi oleh taman yang cukup luas dan pagar besi. Banyak sekali pohon-pohon rindang di sekelilingnya yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh. Selain itu, Candi Mendut juga mudah ditemukan karena terletak persis di samping jalan serta terdapat papan nama yang jelas. Ukuran candi ini termasuk kecil karena tingginya saja hanya 26,4 meter.

Di dekat Objek Wisata Candi Mendut coba anda berkeliling maka anda akan menemukan sebuah Vihara umat Budha yang letaknya tidak terlalu jauh. Sebetulnya Vihara ini awalnya adalah biara milik umat Khatolik dan pada tahun 1950 tanah biara ini dijual ke rakyat.

Kemudian rakyat menjual tanah ini kembali ke yayasan Budha dan dibangunlah Vihara ini. Setelah selesai berkeliling candi jangan langsung pulang dulu. Silahkan anda mampir ke warung-warung makanan di sekitaran Candi Mendut di jalan Magelang dan mencicipi masakan khas Jawa Tengah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel