Kandungan Buah Kurma : Protein, Serat, VItamin, dan Zat Besi Untuk Mengatasi Anemia

Kandungan Buah Kurma - Buah kurma adalah makanan yang sangat difavoritkan pada setiap Bulan Ramadhan tiba. Namun kini eksitensi buah kurma tidak hanya pada saat Bulan Ramashan saja. Selain Bulan Ramadhan, kini banyak masyarakat kita dan beberapa negara lain gemar mengkonsumsi buah yang berasal dari Timur Tengah ini sebagai bagian dari hidangan sehari-hari kita.

kandungan kurma

Rasanya yang manis legit alami menjadi salah satu faktor banyaknya penggemar buah yang berbentuk sedikit lonjong ini. Buah kurma juga bisa diajadikan segagai bahan utama makana atau minuman kreasi yang berbahan dasar kurma seperti pudding kurma, cookies kurma, cake dengan taburan kurma, dan berbagai macam makanan dan minuman lainnya.

Tak heran jika saat ini kurma sedang dibudidayakan di beberapa negara besar seperti Inggris, Amerika, Australia, dan beberapa negara di Asia.' Budidaya kurma tersebut perlu digiatkan mengingat banyaknya penggemar buah manis kesukaan Rosulullah SAW.

Banyaknya penggemar buah kurma ini tidak lain karena banyaknya manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh manusia. Apa saja manfaatnya? Kandungan zat besi dan Flluor pada buah kurma akan menyumbangkan manfaat yang pertama untuk tubuh kita. Kemudian manfaat lainnya adalah buah kurma mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar.

Sedangkan buah kurma itu sendiri memiliki tingkat kolesterol yang rendah sehingga akan mampu menekan jumlah kolesterol pada tubuh kita.' Selain mengandung kolesterol yang rendah, buah kurma mengandung protein dan mineral tinggi yang diperlukan oleh tubuh kita.

Protein, serat, dan vitamin seperti vitamin A, vitamin K, dan vitamin B kompleks akan sangat membantu tubuh kita lebih optimal dalam mempertahankan kesehatan. Kita semua tahu bahwa serat sangat bermanfaat pada proses pencernaan makanan dalam usus, sedangkan vitamin A sanhat baik untuk kesehatan organ mata, kulit wajah, dan kulit tubuh.

Vitamin K sangat berperan aktif utntuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, sedangkan vitamin' B kompleks juga sangat baik untuk pertumbuhan' dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.' Kandungan kalium pada buah kurma sangat berperan aktif untuk meningkatkan daya kerja susunan saraf pada manusia. Beberapa penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin akan menurunkan potensi resiko penyakit stroke.

Kandungan zat besi yang tergolong sangat tinggi mampu mengatasi masalah anemia yang sering melanda tubuh kita. Manfaat kurma lainnya adalah kurma bisa meningkatkan vitalitas seksual seseorang terutama pria, kurma juga bisa dijadikan obat alami diare dan sembelit, serta kurma bisa dijadikan sebagai bagian menu sehat untuk program diet bagi anda yang sedang berdiet. Pencegah kanker rongga perut, penyembuh keracunan, dan penyembuh buta pada malam hari adalah sederetan manfaat buah kurma lainnya.

Buah kurma sangat dikenal masyarakat sebagai buah padang pasir yang memiliki ciri khas tersendiri. Buah yang hanya tumbuh dipadang pasir tersebut memiliki kandungan zat serta unsur alami yang baik bagi tubuh manusia. Anda juga tidak perlu khawatir akan produk buah kurma, sebab segala bentuk pemrosessan buah kurma dilewati dengan proses alami, proses pematangan pun memang terjadi di pucuk-pucuk pohon kurma itu sendiri. Jika Anda ingin memiliki buah yang bebas dari bahan pengawet buatan, buah kurmalah yang menjadi jawabannya.

Bentuknya yang agak keriput juga bukan berarti bahwa kandungan air dalam buah kurma sangat sedikit, namun itu menjadi ciri khas buah kurma didalam menyesuaikan dengan keadaan georgrafis tempat ia tumbuh matang di pohon. Unsur-unsur yang terkandung dalam buah tersebut menjadi'manfaat kurma'yang belum tentu ditemukan dalam kandungan buah lain, diantaranya adalah potasium.

Kandungan potasium yang tinggi dalam manfaat kurma berfungsi baik dalam mengendalikan tekanan darah. Hal ini baik bagi penderita tekanan darah tinggi, kandungan potasium yang tinggi dalam buah kurma membantu untuk menstabilkan tekana darah menjadi normal kembali. Potasium juga membantu membersihkan karbondiksida dalam darah, sehingga penyerapan energi menjadi lebih baik dalam otot dan syaraf manusia. Buah kurma memberikan 1001 manfaat kurma lebih bagi manusia modern saat ini, terlebih dengan banyaknya produk makanan kemasan kimiawi yang beredar dipasaran.

Siapa yang tidak mengenal buah kurma? Hampir semua orang di dunia khususnya di negara kita pastinya tahu akan buah yang manis dan berbentuk sedikit lonjong ini. Mungkin masyarakat kita menyebutnya sebagai buah yang berasal dari Saudi Arabia. Memang benar buah kurma pertama kali tumbuh dan di budidayakan di Negara Jaziarah Arab, namun kini buah kurma banyak dibudidayakan di beberapa negara besar seperti Amerika dan Australia. Karena meningkatnya jumlah permintaan akan buah kurma, kini banyak negara yang sedang dalam proses pembudidayaan buah kurma. Kira-kira apa faktor apa saja yang mempengaruhi banyaknya peminat buah yang berasa manis legit ini? Salah satunya adalah karena banyakanya manfaat buah kurma bagi kesehatan manusia. Selain enak dimakan, ternyata buah kurma mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan manusia.' Apa saja manfaatnya? Mari kita simak informasi seputar beberapa manfaat buah kurma di bawah ini.

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang dikategorikan sebagai buah dengan kandungan vitamin A yang sangat besar. Beberapa penelitian menunjukan bahwa buah kurma adalah salah satu sumber vitamin A. Kita semua tahu bahwa vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ penglihatan, mata. Selain' organ mata, Vitamin A juga sangat diperlukan untuk kesehatan kulit wajah dan tubuh kita. Dengan cara mengkonsumsi buah kurma dan buah lain yang mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi akan membuat kulit kita lebih indah, sehat, dan halus. Kemudian berbicara tentang manfaat kurma dan kandungan vitamin A yang dikandungnya, buah kurma bisa mencegah terjadinya penyakit kanker rongga mulut dan kanker paru-paru. Sangat luar biasa bukan?

Kandungan kalium pada sebuah buah kurma dapat membantu mengontrol denyut jantung pada tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit jantung koroner. Selain itu, zat kalium pada buah kurma juga mampu mengendalikan tekanan darah sehingga kita akan terhindar dari penyakit stroke. Tulang dan gigi kita juga akan terjaga kesehatannya jika kita rutin mengkonsumsi buah kurma secara teratur. Kandungan kalsium pada' buah kurma sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mangan, salah satu zat yang sangat awam di telinga kita, ternyata sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Mangan yang juga terdapat pada buah kurma berfungsi sebagai unsure utama pembentuk enzim antioksidan superoksida dismutase.' Kandungan tembaga pada buah kurma juga sangat berperan untuk membentuk sel darah merah pada tubuh.

Pertumbuhan tulang akan sangat optimal jika tubuh kita mendapatkan supplai magnesium yang cukup. Kita bisa mendapatkan supplai zat magnesium untuk tubuh dari konsumsi buah kurma secara rutin. Dan karena kandungan vitamin K dan vitamin B kompleks, buah kurma mempunyai peran penting dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Vitamin K dalam buah kurma mempunyai peran penting dalam proses pembekuan darah dan proses metabolisme tulang.' Vitamin B kompleks tersebut terdiri dari Niacin, pirdoksin, asam pantotenat, dan riboflavin yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel