Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Serta Manfaatnya

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Serta Manfaatnya - Setelah memantapkan diri sendiri untuk mengikuti program asuransi kesehatan, kini saatnya Anda memilih menggunakan jenis asuransi yang ingin diikuti. Banyak jenis asuransi kesehatan dilihat dari berbagai segi. Simak yuk keuntungan serta kelebihannya.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Serta Manfaatnya

Segi Pengelola Dana

Dari segi pengelola dana, asuransi dibagi menjadi dua kepemilikan, yaitu pemerintah dan swasta. Melalui pemerintah, asuransi kesehatan diberi nama BPJS Kesehatan. Dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas I, II, dan III, BPJS Kesehatan memiliki biaya premi yang relatif murah dibandingkan dengan asuransi swasta. Hanya saja, banyak problem di lapangan yang membuat asuransi ini mengalami kendala, misalnya tidak semua Rumah Sakit melayani asuransi ini.

Dibandingkan dengan pemerintah, asuransi swasta lebih beragam. Beragamnya tipe covering klaim kesehatan juga berpengaruh terhadap biaya premi bulanan. Ada yang menerapkan sistem cashless, ada pula yang mengharuskan pemegang polis membayar biaya RS terlebih dahulu, baru kemudian di-reimburse pihak asuransi.

Segi Jenis Klaim Kesehatan yang Ditanggung

Ada asuransi kesehatan yang mengcover seluruh biaya RS, baik rawat jalan maupun rawat inap, dengan besar nominal yang tidak ditentukan. Ada pula asuransi kesehatan yang hanya mengcover biaya rawat inap dengan nominal tertentu per hari. Cermati program asuransi yang akan Anda ikuti dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa asuransi juga meng-cover biaya RS hingga usia lebih dari 55 tahun (melebihi usia pensiun).

Segi Pembayaran Klaim

Ada dua macam pembayaran klaim: cashless dan reimbursement. Pemegang polis dengan kartu cashless dapat masuk ke rumah sakit tanpa mengeluarkan biaya sepenserpun di awal. Sedangkan, sistem reimbursement mengharuskan pemegang polis membayar biaya rumah sakit dengan biaya sendiri terlebih dahulu, baru kemudian akan direimburse oleh pihak asuransi setelah mengklaim.

Makin Muda, Makin Murah

Calon nasabah yang mendaftarkan diri ke asuransi kesehatan dengan usia 25 tahun tentu sangat berbeda dengan calon nasabah yang berusia 55 tahun. Pada usia tua, banyak penyakit yang muncul akibat kondisi tubuh yang menua, sehingga biaya premi asuransi kesehatannya menjadi lebih mahal.



Demikian artikel mengenai Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan Serta Manfaatnya. Terima kasih telah berkunjung

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel