Inilah Cara Ternak Lele Yang Menguntungkan

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan tawar yang saat ini menjadi favorit di kalangan masyarakat. Selain itu banyaknya permintaan lele dipasaran terus meningkat. Hal ini yang membuat banyak orang yang memilih untuk beternak ikan lele.

Inilah Cara Ternak Lele Yang Menguntungkan

Dari hasil ternak ikan lele ini bisa dijadikan peluang usaha bisnis lele yang sangat menguntungkan. Untuk memulai beternak lele kita harus lebih tau dulu cara ternak lele yang perlu di ketahui. Berikut beberapa tips buat kalian yang ingin memulai ternak lele cara ternak lele pemula yang bisa menghasilkan lele yang maksimal:

1. Perlu persiapan kolam untuk ternak lele pemula

Untuk membuat kolam ternak lele, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya kolam harus dekat dengan sumber air serta jauh dari pemukiman penduduk karena ternak lele dapat menimbulkan polusi berupa bau yang tidak sedap. Setelah itu kalian bisa melakukan penggalian tanah kolam sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu masukkan terpal kedalam kolam.
Setelah pemasangan terpal, lakukan pengapuran dengan pemberian kapur dolomit. Pengapuran dilakukan untuk membersihkan penyakit yang dapat menyerang ikan lele kalian dan berfungsi mengembalikan keasaman tanah. Setelah itu isi kolam dengan air 1/2 dari tinggi kolam tersebut. Usahakan diamkan kolam berisi air tersebut selama 4 hari untuk memunculkan plankton sebagai makanan alami lele.

2. Pemilihan induk lele
Untuk memulai ternak lele, kalian harus menggunakan induk lele yang berkualitas. Untuk mendapatkan induk lele yang berkualitas, kalian bisa melihat dari ciri fisik lelenya. Berikut ciri fisik lele yang berkualitas:

a. Ciri lele jantan
' Memiliki bentuk perut ramping dan tidak terlihat besar daripada pinggulnya
' Bagian tulang kepala terlihat pipih
' Warnanya lebih gelap
' Gerakannya lincah
' Memiliki alat kelamin yang tajam

b. Ciri lele betina
' Perut terlihat mengembang besar daripada punggung
' Kepala terlihat cembung
' Gerakan lambat
' Warna terlihat lebih cerah
' Alat kelamin berbentuk bulat

3. Proses perkawinan

Proses ini untuk mengawinkan lele janta dan lele betina. Lele yang siap kawin bisa diketahui dari warna kelamin, kalau jantan memiliki warna kelamin merah dan betina memiliki warna kelamin kuning. Sel telur ikan yang telah dibuahi akan menempel pada sarang dalam jangka waktu 24 jam. Setelah itu telur akan menetas dan menjadi anak lele.

4. Pemindahan benih ikan lele

Pemindahan benih lele harus dilakukan dengan hati-hati. Cara yang benar untuk pemindahan benih lele dengan cara mengurangi ketinggian air dalam kolam. Setelah air kolam berkurang, barulah dilakukan pemindahan benih lele dan diletakkan ditempat sementara seperti ember. Dan usahakan pengambilan benih lele dilakukan malam hari untuk menjaga suhu kolam.

5. Panen ikan lele

Selain kita harus tau cara ternak lele pemula, kita juga harus tau jenis pakan lele agar cepat besar untuk ternak lele yang kita lakukan. Pakan lele merupakan hal yang sangat peting dalam pertumbuhan ikan dan juga untuk kelangsungan ikan lele tersebut .Pakan lele tersebut dapat berupa pakan lele alami dan tanpa harus membeli. Jadi kita bisa membuat pakan lele sendiri. Berikut jenis pakan lele cepat besar yang bisa diberikan untuk usaha ternak lele kalian:

' Ikan rucah
ikan rucah memiliki gizi yang tinggi dan protein yang bagus untuk pertumbuhan ikan lele.
' Cacing sutra
Cacing sutra baik mentuk mempercepat pertumbuhan ikan lele. Selain tu pula, cacing sutra memiliki tekstur yang lembt yang dapat mempermudah makanan dicerna oleh ikan lele.
' Bekicot
Bekicot adalah makanan yang umum digunakan untuk pakan ternak lele. Karena memiliki gizi yang baik untuk pertumbuhan ikan lele.

Jenis pakan lele diatas merupakan jenis pakan lele alami yang baik untuk pertumbuhan lele. Selain pakan lele alami, kita juga bisa membuat pakan lele sendiri. Berikut ini cara alternatif pembuatan pakan lele buatan sendiri:

' Dalam merancang pangan lele buatan sendiri, harus diperhatikan gizi bahan makanan tersebut dan memperhatikan kandungan protein. Langkah pakan lele buatan sendiri:

a. Bahan-bahan
' Tepung ikan(30 kg)
' Tepung kedelai(30 kg)
' Tepung jagung(40 kg)
' Ragi tempe, daun pepaya segar dan ikan asin secukupnya

b. Cara pembuatan
' Tepung iakn, tepung kedelai, tepung jagung dan ragi dicampur jadi satu dan diaduk hingga merata. Tambahkan sedikit air sampai membentuk adonan.
' Masukkan adonan kedalam wadah dan tutup rapat dengan. Diamkan selama 12 jam
' Giling ikan asin dan pepaya hingga halus
' Setelah adonan didiamkan, campurkan adonan dengan gilingan pepaya dan ikan asin dan aduk merata
' Lalu adonan dicetak menggunakan mesin pelet
' Setelah adonan dicetak, jemur adonan hingga kering.
' Jika adonan telah kering, bisa diberikan angsung kepada lele
' Kalian bisa menambahkan bekicot,ikan rucah untuk menambah gizi pada adonan pakan lele buatan sendiri tersebut

Nah semoga info mengenai cara ternak lele pemula, jenis pakan lele agar cepat besar, cara membuat pakan lele buatan sendiri bisa mempermudah kalian dalam menjalankan ternak dan bisnis ikan lele.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel