Gejala dan Penyebab Kanker Serviks

Apa itu Kanker Rahim atau Kanker Serviks? Kanker Serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang paling berbahaya dan sangat mematikan bagai kaum hawa. Bahkan sampai saat ini kanker serviks dianggap sebagai pembunuh diam-diam atau 'silent killer' yang sulit untuk dideteksi hingga stadium lanjut. WHO mencatat sepertiga penderita kanker di Indonesia adalah penderita kanker serviks. Dan dalam hitungan menit setiap wanita ada yang meninggal karena penyakit kanker serviks.

Gejala dan Penyebab Kanker Serviks

Penyebab umum dari kanker serviks adalah Human Papilomavirus (HPV). Ketika seorang wanita terkena Human Papillomavirus, maka sistem kekebalan tubuh wanita akan mencegah virus melakukan hal-hal yang merugikan kesehatan. Namun ketika Papillomavirus bertahan hingga bertahun-tahun, akhirnya virus ini akan berkontribusi terhadap proses yang menyebabkan sel-sel di permukaan serviks menjadi sel kanker. Segeralah melakukan Suntik Vaksin dan Tes Skrining agar kanker serviks anda terdeteksi sedini mungkin.

Gelaja Kanker Serviks

Gejala kanker rahim (serviks) tergantung pada tingkat stadiumnya. Mungkin Anda tidak akan mengalami gejala dari penyakit kanker serviks pada tahap dini. Namun, dengan berjalannya waktu maka kanker serviks akan berlangsung ke tingkat selanjutnya. Inilah tanda-tanda dan gejala kanker serviks :

Kehilangan nafsu makan disertai dengan penurunan berat badan
Pendarahan di sekitar vegi setelah berhubungan intim, antara priode atau setelah menopause
Infeksi pada saluran ureter dan kandung kemih
Nyeri selama berhubungan intim dan nyeri panggul
Vegi bau busuk dan keputihan berdarah

Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks dimulai ketika sel sehat mengalami mutasi genetik yang mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Sel yang sehat tumbuh dan berkembang biak dengan teratur dengan waktu yang telah ditentukan dan kemudian akhirnya akan mati pada waktu yang telah ditetapkan. Namun berbeda dengan sel kanker tumbuh dan berkembang biak di luar kendali, dan mereka tidak akan mati dengan sendirinya. Adanya penumpukan sel abnormal akan membentuk suatu massa (tumor). Perlu Anda ketahui, sel kanker akan menyerang jaringan yang di dekatnya dan bisa menyebar ke jaringan lain di dalam tubuh (metastasis)

Sekarang para ahli belum dapat menemukan dengan jelas apa saja yang menjadi faktor utama pemicu kanker serviks. Namun, yang pasti bahwa Human Papiliomavrus (HPV) sering hadir dalam banyak kasus kanker serviks. Meskipun ada sebagian wanita yang mengihidap HPV dan tidak mengembangkan kanker serviks. Ini berarti karena faktor risiko lain, seperti gaya hidup, lingkungan, genetika itu semua merupakan faktor yang dapat memicu tumbuhnya kanker serviks.
Jenis Kanker Rahim (Serviks)

Jenis sel terjadi mutasi genetik akan menentukan jenis kanker servis yang Anda miliki. Jika Anda mengetahui jenis kanker servis yang anda alami maka akan membantu menentukan prognosis dan pengobatan.

Jenis Kanker Serviks :

Adenokarsimona:
Ini terjadi pada setiap sel kelenjar yang melapisi saluran leher rahim. Kanker ini hanya terjadi sebagian kecil dari kasus kanker serviks
Karisinoma sel skuamosa:
Ini dimulai pada sel datar, tipis (sel skuamosa) yang melapisi bagian luar dari bagian serviks. Jenis ini merupakan jenis umum yang terjadi pada kanker serviks.

Faktor risiko Kanker Serviks

Pindah-Pindah pasangan dalam berhubungan badan. Semakin sering anda beganti-ganti pasangan maka akan semakin besar peluang anda untuk tertular virus HPV
Hubungan Intim Terlalu muda. Hungan intim di usia dini akan meningkatkan risiko tertular HPV
Sistem immunitas yang lemah. Jika anda memiliki infeksi virus HPV dan sistem immunitas anda lemah maka akan virus HPV akan berkembang menjadi kanker serviks
Merokok. Merokok merupakan salah satu faktor terpenting dan utama yang menyebabkan kanker serviks

Tingkatan Stadium Kanker Serviks

Stadium 1 kanker terbatas pada satu atau kedua ovarium
Stadium 2 Kanker menyebab ke lokoasi lain di panggul, seperti di saluran tuba falopi atau rahim
Stadium 3 Kanker telah menyebar ke selaput perut(peritoneum) atau ke kelenjar getah bening dalam perut
Stadium 4 Kanker ovarium telah menyebar ke organ luar perut. Pada stadium ini kanker harus segera diatasi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel