Fungsi Obat Herbal, Obat Alami Dan Obat Kimia

Fungsi Obat Herbal, Obat Alami dan Obat Kimia, Obat yang merupakan benda yang terbuat dan terdiri dari satu atau lebih yang mengandung zat kimia baik sintetis maupun yang alami yang diformulasikan untuk mengobati keadaan suatu penyakit tertentu.Adapun obat dibedakan menjadi dua jenis diantranya:

Fungsi Obat Herbal, Obat Alami Dan Obat Kimia

1. Fungsi Obat Kimia

Obat Kimia bisa diartikan sebagai obat yang terbuat dari senyawa-senyawa kimia buatan atau kimia sintetis yang mempunyai efek sesuai dengan efek yang menyusunnya dan daya pengaruh terhadap penyakit yang diderita. Semakin kompleks zat penyusun obat semakin manjur obat yang dikonsumsi maka semakin kuat juga kandungan racun yang ada.'

Obat kimia sudah sangat mudah ditemukan dipasaran baik yang generik maupun yang peredarannya harus diawasi dan harus menggunakan resep dokter dalam pemakainnya.

Cara obat kimia bekerja didalam tubuh kita itu ditentukan dari jenis zat yang terkandung didalamnya,seperti antasida yang diformulasikan untuk menekan sekresi asam pada lambung,obat ini tentu akan bekerja pada bagian lambung saja.

Namun apabila sekresi asam pada lambung ditekan dengan obat akan mengakibatkan menyusutnya mukosa lambung dan akan berakibat fatal yaitu kanker .

Maka dari pada itu kita harus memperhatikan bagaimana metabolisme tubuh kita dalam penggunaan obat kimia,karena obat kimia ini juga dapat membahayakan atau mengakibatkan hal buruk dalam tubuh dan yang lebih parah kejadian itu terjadi tidak terawasi karena terjadi dalam sisitem tubuh.

Berikut ini Hal-hal fatal zat kimia dalam obat diantaranya:

'''' Sistem tubuh yang terbebani,sistem ini minimal akan menambah beban sistem untuk melakukan pembuangan terhadap sisa-sisa zat kimia dari bahan obat,ini terjadi' terutama pada sistem pencernaan dan ekskres.

'''' Rusaknya suatu organ pada tubuh,ini terjadi karena metabolisme obat berda diliver yaitu organ yang paling terbebani dan paling besar kemungkinan untuk terganggu dan rusak oleh zat kimia pada obat seperti: Liver,ginjal,lambung ,dan gigi dalam kasus pemakaian antibiotik dan lain sebagainya.

'''' Keracunan Obat. Dikarenakan zat penyusun obat bersifat racun' bagi tubuh kecuali obat yang berupa suplemen dan vitamin,bila terjadi kesalahan dalam pemakain atau over maka akan terjadi kegagalan dalam proses pembuangan sisa obat dari dalam tubuh yang mengakibatkan terjadinya keracunan yang sangat berbahaya.

'''' Timbulnya Alergi pada tubuh,Terjadinya alergi saat mengkonsumsi sudah banyak ditemui,ini dikarenakan tubuh gagal untuk melakukan adaptasi terhadap zat-zat yang terdapat dalam obat kimia tersebut.

'''' Menyebabkan Kematian,Hal yang paling buruk dari masuknya obat-obatan dalam darah manusia adalah Kematian pada manusia itu,walaupun kasus ini baru sedikit,memungkinkan ini bisa terjadi biasanya karena adanya lanjutan dari kasus sebelumnya,seperti keracunan obat yang tidak segera ditangani.

Sealain bersifat buruk namun obat kimia ini tidak sedikit memberikan keuntungan bagi manusia,seperti halnya menghilangkan gejala sakit yang dirasa sipenderita,contoh orang yang sedang sakit kepala lalu dia menkonsumsi obat sakit kepala yang pada umumnya mengandung zat penghilang rasa sakit pada kepala,tentu saja ini sangat membantu walaupun sebenarnya obat itu tidak menyelesaikan masalah sakit sampai kesumber penyebabnya.

2. Fungsi Obat Herbal Atau Obat Alami

Obat ini biasanya terbuat dari ramuan bahan-bahan yang bersal dari alam, seperti tumbuhan dan hewan-hewan tertentu. Obat herbal juga dianggap mempunyai efek Negatif namun lebih sedikit dibanding obat kimia,bahkan ada yang mengklaim bahwa obat herbal ini sama sekali tidak membawa efek negatif bagi tubuh manusia karena bahan-bahannya yang alami.

Cara kerja obat herbal atau obat alami ini lebih lambat dalam mengobati penyakit dibandingkan obat kimia yang sangat cepat menghilangkan rasa sakit,namun karena adanya kepercayaan obat herbal ini tidak terdapat efek samping pada akhirnya banyak orang yang menggunakan obat-obatan jenis ini,karena dinilai lebih aman.

Meskipun sebenarnya yang terkandung dalam obat herbal terdapat senyawa kimia bedanya dengan obat kimia obat herbal ini lebih banyak mengadung senyawa kimia yang alami sehinnga lebih mudah ditolerir oleh tubuh dan sampahnya pun tidak menimbulkan efek racun serta mudah dalam pembuangannya.

Hal ini memungkinkan kerusakan organ pada liver dan ginjal sangat kecil terjadi,Sedangkan pada obat kimia zat kimia yang terkandung adalah kimia sintetis yang pengaruh serta prosesnya kemungkinan membahayakan.'

Dengan adanya ulasan diatas tentang Fungsi Obat Herbal, Obat Alami dan Obat Kimia dapat disimpulkan bahwa semua obat-obatan baik herbal maupun kimia tentu mempunyai efek positif dalam porsinya masing-masing didalam tubuh.

Dan yang lebih penting adalah melakukan upaya pencegahan terjadi suatu penyakit dengan menjaga dan menyeimbangkan pola hidup yang sehat agar sistem tubuh tetap berjalan dengan baik dan kesehatan didalam tubuh tetap terjaga.

Semoga artikel yang singkat ini mengenai Fungsi Obat Herbal, Obat Alami dan Obat Kimia bermanfaat untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel