Energi Mekanik, Kinetik, Dan Potensial

Energi mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda yang terdiri atas energi kinetik dan energi potensial. Istilah lain untuk energi kinetik adalah energi gerak. Energi kinetik ialah energi yang terdapat pada setiap benda yang sedang bergerak.

Energi Mekanik, Kinetik, Dan Potensial

Besar energi kinetik sebanding dengan massa benda dan kuadrat keeepatan geraknya. Persamaannya adalah sebagai berikut:

?Ek = ' m v2

Dengan ?Ek = energi kinetik (J), m = massa benda (Kg), dan v = kecepatan benda (m/s2).

Jadi, mobil yang bergerak dengan kecepatan 80 km/jam akan memiliki energi 4 kali lebih besar daripada mobil yang bergerak dengan kecepatan 40 km/jam. Mobil yang sedang diam tidak memiliki energi kinetik. Energi potensial adalah energi yang dimiliki suatu benda karena posisinya atau keadaannya yang menunjukkan bahwa usaha/kerja siap dilakukan. Energi potensial yang sering dijumpai adalah energi potensial gravitasi dan energi potensial listrik.

Energi potensial yang akan dipelajari sekarang adalah energi potensial gravitasi. Besar energi potensia gravitasi bergantung pada kedudukan! ketinggiannya, massa benda, dan pereepatan gravitasi bumi.'

Secara matematis, energi potensial gravitasi dirumuskan

sebagai berikut.

?Ep = m.g.h

Dengan ?Ep = energi potensial gravitasi (J), m = massa benda (kg), g = percepatan gravitasi (m/s2), dan h = tinggi benda (m).

Energi potensial disebut juga energi yang tersimpan. Misalnya, ambillah sebutir kelereng, jatuhkan kelereng tersebut pada sekeping kaea tipis pada ketinggian 5 em. Kemudian, eobalah jatuhkan kelereng pada ketinggian 1 m.

Bandingkan suara kelereng ketika menimpa kaca dari ketinggian 5 cm dan 5 meter. Mana yang lebih keras suaranya? Tentu saja pada kelereng yang dijatuhkan dari ketinggian 5 meter. Bahkan, kaca tersebut dapat pecah. Mengapa? Kelereng yang dijatuhkan dari ketinggian 5 m semula mempunyai energi potensial gravitasi besar. Ketika kelereng dijatuhkan, secara bertahap energi potensial gravitasi berubah menjadi energi kinetik.

Sesaat sebelum menimpa kaca. energi potensial gravitasinya hampir sama dengan nol, hampir seluruhnya berubah menjadi energi gerak kelereng.

Energi gerak inilah yang dapat menimbulkan suara keras (energi bunyi) dan dapat memecahkan kaca. Jadi. semakin tinggi kedudukan benda. semakin besar energi potensial gravitasi yang dimiliki oleh benda. Rumusan energi mekanik adalah:

?EM = ?Ep + ?Ek

Terima kasih telah membaca artikel Energi Mekanik, Kinetik, Dan Potensial

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel