Download Suara Walet Terbaik

Suara Walet Terbaik adalah suara panggil dan inap walet yang bisa mendatangkan walet ke gedung walet. Selain itu juga bisa menginapkan burung walet di dalam rumah walet.

Penggunaan suara walet yang terbaik merupakan salah satu faktor rahasia sukses budidaya walet. Memang banyak faktor lainnya tetapi pemilihan suara yang tepat meruapakan langkah terbaik.

Untuk budidaya walet pemula harus pandai memilih jenis suara walet. Jangan sampai anda salah memilih suara yang tidak di senangi oleh burung walet. Sehingga menyebabkan gedung walet anda sepi.



 

Suara walet terbagi menjadi 5 macam yaitu
  1. Suara Panggil
  2. Suara Tarik
  3. Suara Hexagonal
  4. Suara Koloni
  5. Suara Inap.
Suara Panggil.

Suara panggil biasanya di pasang di Lubang Masuk Burung (LMB). Suara panggil menggunakan twitter besar dan di bunyikan setiap hari mulai sekitar jam 6 pagi sampai jam 7 malam.

Berbagai jenis suara panggil bisa anda dapatkan di internet dan juga di grup FB. Banyak peternak walet yang share suara panggil yang mereka gunakan.

Suara panggil walet ada yang gratis dan juga tentu ada yang berbayar. Perbedaan yang gratis dan berbayar sangat tipis. Yaitu hanya pada teknik editing saja.

Suara gratisan biasanya terkesan riuh dan noise. Atau bisa di sebut juga kurang bersih. Sedangkan suara yang berbayar biasanya editannya rapih dan tidak ada noise, suaranya jernih.

Untuk penggunaan suara panggil terserang masing-masing individu. Untuk yang menggunakan suara gratisan, jangan langsung di pasang di LMB. Sebaiknya di dengarkan dulu suara tersebut.

Suara panggil walet yang terbaik adalah tidak ada suara cek lokasi (cek lok) di dalam suara tersebut. Suara cek lok adalah suara untuk cek lokasi saja yang di gunakan sebelum membangun gedung walet.

Suara cek lok biasanya di bunyikan di tempat terbuka misalnya lapangan, lebak, atau dimana pun untuk hanya sekedar tes lokasi, Apakah di tempat tersebut ada burung waletnya atau tidak.

Nah kembali lagi ke suara panggil tadi, apabila ada suara cek lok di dalam suara panggil, maka otomatis walet hanya berkumpul di sekitar gedung dan tidak masuk ke LMB.

Suara cek lok biasanya terdiri dari part yang berbunyi berulang. Suara cek lok hanya suara yang berbunyi cuit cuit cuit berulang kali.

Jadi hindari menggunakan suara panggil yang ada bunyi cuit cuit cuit berulang kali. Karena besar kemungkinan burung walet tidak mau masuk ke dalam gedung walet.

Suara Tarik.

Suara tarik sama dengan suara panggil. Namun fungsinya untuk menuntun burung walet setelah masuk ke gedung hingga ke ruang inap.

Suara tarik bisa dibunyikan 24 jam menggunakan twitter besar dan juga twitter kecil.

Yang harus di perhatikan dari penggunaan suara tarik adalah sebaiknya menggunakan suara yang berbeda dengan suara panggil.

Misal anda menggunakan suara panggil dengan nama A, maka gunakan suara panggil yang berbeda untuk di fungsikan sebagai suara tarik.

Jadi intinya suara tarik itu sama dengan suara panggil, namun fungsi dan pemasangan nya saja yang berbeda.

Suara Hexagonal.


Suara hexagonal ini juga sama seperti suara panggil. Namun pemasangan twitter nya saja yang berbeda. Suara Hexagonal di pasang pada bagian gedung paling atas dengan menggunakan media kayu/besi untuk melekatkan twitternya.

Bila di perhatikan, twitter untuk suara hexagonal ini mirip seperti antena yang letaknya lebih tinggi dari gedung dan berada di dekat LMB.

Suara Koloni.

Suara koloni berisi suara walet yang ramai menyerupai koloni walet yang sudah ada. Suara koloni biasanya di pasang di ruang inap walet tepat di tengah ruangan.

Twitter yang di gunakan untuk pemasangan suara koloni adalah twitter kecil atau sama dengan twitter inap.

Suara Inap.

Suara inap merupakan suara yang berisi atau lebih dominan suara anakan. Suara inap di pasang di ruangan tempat burung walet menginap.

Twitter inap yang di gunakan adalah twitter jenis kecil. Suara inap bisa di sanding kan dengan suara Koloni. Namun, twitter inap harus lebih banyak dari twitter koloni.

Misalnya dalam suatu ruangan ada 15 twitter inap yang di pasang di sirip, maka untuk twitter koloni cukup 2-4 twitter saja.

Demikian informasi mengenai berbagai jenis suara walet terbaik lengkap dengan tata cara pemasangan nya. Untuk contoh jenis suaranya lain kali akan di update lagi. Terima kasih dan semoga makin sukses untuk para peternak walet di seluruh indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel