Daun Sirih Merah Bermanfaat Untuk Kesehatan Wajah Anda

Daun sirih merah atau yang sering disebut dengan istilah latin piper betle linn adalah tanaman merambat yang mempunyai daun bewarna merah keperakan berbentuk hati dan bertangkai, bagian ujung daun meruncing' serta mengkilap apabila terkena cahaya dan berlendir serta wangi apabila di sobek daunnya dan mempunyai batang bulat bewarna hijau keunguan.

Daun Sirih Merah Bermanfaat Untuk Kesehatan Wajah Anda


Daun sirih merah yang tumbuh subur di daerah tropis merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah terkenal sejak dulu namun banyak orang belum mengetahui manfaatnya bahkan menganggap tanaman merambat yang tidak ada manfaatnya sehingga banyak yang mencabutinya apabila tumbuh di halaman rumah.Manfaat daun sirih merah untuk wajah telah lama di gunakan' oleh orang jawa karena kandungan Alkolid pada tanaman sirih merah berfungsi sebgai anti mikroba.

Tidak hanya masyarakat jawa saja yang mendapatkan manfaat daun sirih merah untuk wajah namun orang-orang cina dan orang-orang yang ahli dalam pengobatan tradisional atau obat herbal juga turut memanfattkannya. Dari kenyataan ini dapat dilihat bahwa daun sirih merah sudah digunakan bukan hanya oleh masyarakat Indoensia namun juga oleh masyarakat di belahan dunia lain.

Ragamnya' manfaat daun sirih merah untuk wajah dan juga untuk kesehatan tubuh secara umum menyebabkan pertanyaan, apa yang sebenarnya terkandung didalamnya? Itu dikarenakan di dalam daun sirih merah mengandung senyawa' fito-kimia yang mengadung alkaloid,tannin, saponin dan flavonoid yang kesemuanya merupakan kandungan yang di butuhkan untuk kesehatan.

Untuk dapat mendapatkan manfaat daun sirih merah utuk wajah ada dua cara yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang sering menggunakannya yaitu:

Anda bisa mengambil 10 sampai 12 daun sirih merahcuci bersih lalu tumbuk sampai halus kemudian seduh dengan dua gelas air panas lalu pakailah untuk mencuci muka lalu bilas dengan air' lakukan 2 sampai 3 kali tiap harinya niscaya wajah akan kelihatan bersih dan bersinar.
Ambil 10 sampai 12 daun sirih cuci bersih campur dengan sepotong jahe lalu seduh dengan dua gelas air yang baru mendidih diamkan sampai hangat lalu minum' tiga kali sehari niscaya wajah akan kelihatan bersih dan bercahaya

Selain manfaat daun sirih merah untuk wajah, tanaman ini juga bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti diabetes, batu ginjal, mencegah stroke, hepatitis, asam urat, hipertensi , maag dan lain lain seperti penelitian yang dilakukan oleh peneliti muda dari Institut Pertanian Bogor tentang' toksisitas ekstrak daun sirih' merah dan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah tikus dan itu di perkuat juga dengan pernyataan dari Ivvora MD dalam buku ' A review of natural Product and Plans as Pontesial Antidiabetic'' bahwa senyawa aktif alkaloid sirih merah memiliki aktifitas hipoglikemik atau penurunan kadar glukosa darah.

Untuk dapat merasakan manfaat atau khasiat dari daun sirih merah Anda bisa mengambil tiga sampai lima daun sirih merah bersihkan lalu campur dengan dua gelas air panas lalu minum secara rutin niscaya Anda akan merasakan manfaat dan khasiat daun sirih merah terhadap tubuh Anda.

Dari sekian banyak manfaat daun sirih merah untuk wajah dan juga untuk kesehatan tubuh maka sudah seyogyanya kita menanam daun sirih merah di halaman rumah kita sebagai salah satu tanaman obat keluarga, yang selain bermanfaat untuk kesehatan sebagai pertolongan pertama pada beberapa penyakit juga dapat mempercantik halaman rumah kita karena memiliki struktur dan warna yang menarik. Selain itu perawatannya sangat mudah sehingga setiap orang bisa menanamnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel