Cara Meningkatkan Komentar Pada Blog Wordpress

Salah satu blog yang dianggap besar adalah adanya banyak komentar yang datang pada setiap postingan blog tersebut. Dengan begitu trust level pada blog tersebut tinggi, sehingga akan menjaring lebih banyak visitor, tidak hanya itu komentar dapat meningkatkan ranking blog'pada SERPs namun tentunya bukan komentar SPAM yang dimaksud disini. Pada postingan kali ini kita akan membahas tips 11 cara tingkatkan jumlah komentar pada blog wordpress.


Komentar blog

1. Get a Better WordPress Hosting

Sistem komentar pada blog wordpress merupakan sumber yang sangat intensive, artinya setiap user yang berkomentar pada sebuah postingan di blog wordpress, server akan menjalankan PHP script. Jika tidak hanya satu user, beberapa user mensubmit secara bersamaan komentar pada blog wordpress, maka akan menyebabkan melambatnya server website.

Maka dari itu kita perlu memastikan bahwa hosting provider yang kita gunakan sudah memiliki sistem yang cukup kuat untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk performa yang lebih besar, jika kita menjalankan website besar maka 'coba untuk memanage wordpress hosting provider'menggunakan'WPEngine.

2. Use Comment Moderation Instead of Captcha

Dengan menambahkan CAPTCHA untuk memblok komentar spam merupakan cara yang efektif untuk membasmi komentar spam pada blog wordpress kita. Namun, perlu kita ketahui bahwa CAPTCHA sangat tidak user friendly, artinya sebagian user/visitor website kita kurang begitu menyukai adanya sistem CAPTCHA dan tidak sedikit dari mereka akan menghindarinya.

Jika kita menggunakan CAPTCHA, 'maka kita perlu mengaktifkan comment moderation pada blog kita dan secara manual approve setiap komentar yang masuk.

Comment moderation tidak hanya memungkinkan kita 'untuk memblok komentar spam, comment moderation juga memungkinkan kita lebih banyak berinteraksi dengan user blog kita.

3. Allow Users to Subscribe to Comments

Secara default ketika user meninggalkan komentar pada situs blog kita, maka mereka dapat membookmark sebuah link back pada komentar tersebut, sehingga jiga ada reply atau komentar lainnya mereka akan mengetahuinya.

Jika user lupa membookmarknya dan mungkin lupa pada nama website kita, maka mungkin mereka tidak akan kembali ke blog wordpress kita.

Kita dapat menyediakan fasilitas dimana user dapat mensubscribe komentar pada blog wordpress kita. Dengan cara ini mereka akan mendapatkan notifikasi via email jika ada komentar yang masuk pada postingan yang sebelumnya mereka komentari.

Dengan cara ini juga kita akan meningkatkan pageviews dan jumlah komentar pada setiap postingan blog wordpress kita.

4. Notify Users on Replies to Their Own Comments

Ketika user berkomentar pada postingan blog wordpress kita, mereka tidak akan mengetahui jika ada seseorang yang membalas komentar mereka. Mereka terlebih dahulu harus memboookmark komentar mereka untuk mendapatkan notifikasi tersebut, dan sebagian besar user tidak melakukan bookmark.

Kita dapat dengan mudah membuat user mensubscribe 'ke komentar yang mereka buat, dengan begitu mereka akan mendapatkan notifikasi pada email mereka untuk setiap balasan pada komentar mereka.

5. Show Newest Comments First

Secara default wordpress menampilkan komentar terbaru pada kolom komentar list pada setiap postingan blog wordpress kita. Sekarang jika kita mempunyai banyak komentar pada setiap postingan blog kita, maka user akan melihat komentar lama berada paling atas pada comment list. Kita dapat dengan mudah mengaturnya.

Pergi ke'Settings ' Discussion'lalu scroll kebawah pada bagian Other Comment Setting, pilih newer pada pilihan dropdown menu.

6. Turn on Comments for Old Posts

Kebanyakan blogger menonaktifkan setiap komentar pada postingan lama di blog wordpress, dengan tujuan meminimalkan jumlah komentar spam pada blog mereka. Namun, mungkin saja ada sebagian user yang ingin berkomentar pada setiap komentar lama pada postingan lama tersebut.

Karena kita menggunakan comment moderation, kita dapat mengaktifkan komentar pada postingan lama di blog wordpress kita.

Pergi ke'Settings ' Discussion'scroll ke bawah pada bagian other comment settings uncheck box''Automatically close comments on articles older than X days'.

7. Showcase Your top Commenters

Cara terbaik untuk memberikan apresiasi pada setiap user yang loyal berkomentar pada blog kita adalah dengan menampilkan top commenters pada blog wordpress kita. Dengan cara ini mereka akan menyadari bahwa merke adalah bagian dari blog wordpress kita.

Caranya install dan aktifkan Plugin'Top Commenters Widget. Setelah diaktivasi pergi ke'Appearance ' Widgets'page lalu tambahkan'Top Commenters Widget pada sidebar blog wordpress kita.

8. Display Recent Comments

Saat user melihat homepage blog wordpress kita, mereka sama sekali tidak mengetahui apa yang sedang terjadi saat itu pada komentar di blog wordpress kita. Kita dapat menyediakan fasilitas widget dimana kita dapat menampilkan recent comment pada blog wordpress kita.

Pergi ke'Appearance ' Widgets'tambahkan'add Recent Comments widget pada sidebar blog wordpress.

9. Allow Users to Rate and Share Comments

Default wordpress commenting system plain & simple. Tidak adanya social media, gamification, dan user enggagement elemen 'modern discussion platform lainnya. Namun kita dapat dengan mudah menambahkan semua fitur tersebut pada sistem komentar blog wordpress kita menggunakan plugin.

Install dan aktifkan'De:comments plugin. Setelah plugin diaktifkan, plugin tersebut akan mentransform wordpress commenting system blog wordpress kita menjadi highly engaging discussion platform.

De:comments memiliki fitur seperti voting, user awards, social sharing, comment subscription dan masih banyak lagi fitur lainnya.

10. Notify Users When Their Comment is Approved

Ketika user berkomentar pada postingan blog wordpress kita, wordpress akan memperlihatkan kepada mereka sebuah notifikasi bahwa komentar mereka dalam proses moderasi. User tidak mengetahui sampai kapan komentar mereka akan di upprove.

Dengan memberikan notifikasi kepada user bahwa komentar mereka di upprove maka kita juga secara otomatis meningkatkan pageviews dan enggagement pada blog wordpress kita.

Install dan aktifkan Comment Approved plugin. Setelah plugin tersebut diaktifkan, pergi ke'Settings ' Comment Approved'untuk mengkonfigurasi plugin tersebut.

11. Reply to User Comments

Jika kita ingin meningkatkan jumlah komentar yang masuk ke blog wordpress kita, maka kita perlu berperan aktif dalam membalas setiap komentar yang masuk. Kita bisa menggunakan plugin'DX Unanswered Comments. Dengan plugin tersebut ktia dapat memanage setiap komentar yang masuk ke blog wordpress kita dan mengetahui mana saja komentar yang belum direply oleh kita.

Itu saja untuk postingan kali ini semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca Cara Meningkatkan Komentar Pada Blog Wordpress.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel