Cara Pencegahan dan Pengobatan Bakteri Aeromonas Hydrophila Pada Ikan Lele

Cara Pencegahan dan Pengobatan Bakteri Aeromonas Hydrophila Pada Ikan Lele - Di era morern ini perkembangan bisnis dibidang perikanan semakin meluas, terutama dalam bisnis membudidayakan ikan lele. Semakin berkembang berarti ini menunjukan bahwa minat masyarakat terutama masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi ikan lele semakin meningkat.

Cara Pengobatan Bakteri Aeromonas Hydrophila Pada Ikan Lele

Hal ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi para pembudidaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Yang menjadi kendala bagi para pembudidaya adalah kehadiran wabah penyakit yang setiap waktu bisa menyerang ikan lele mereka, hal ini terjadi dikarenakan penerapan sistem dan kebersihan yang belum dilakukan secara baik. Salah satu wabah penykit yang sering menyerang ikan lele adalah wabah yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila.

Apa Bakteri Aeromonas hydrophila itu?

Bakteri Aeromonas hydrophila termasuk bakteri gram negatif, berbentuk batang pendek, bersifat aerob dan fakultatif anaerob, tidak berspora, motil,' mempunyai satu flagel, hidup pada kisaran suhu 25-300C.' Ikan lele yang diserang oleh bakteri Aeromonas hydrophila ditandai dengan adanya bercak merah keputih-putihan (Red-Sore Disease) dibagian sirip sisi samping maupun punggung. Dalam keadaan yang sangat buruk bakteri ini mampu membunuh 80% dalam waktu yang singkat.

bakteri Aeromonas hydrophila'banyak menyerang spesies ikan air tawar seperti, ikan mas, ikan gurami, ikan lele dan juga menyerang ikan air laut seperti ikan cod serta amfibi dan reptil.

Bakteri Aeromonas hydrophilaini penyebarannya relatif cepat, penyebarannya bisa melalui air, bakteri ini sangat menyukai timbunan zat organik, sehingga endapan zat organik didasar kolam dapat memicu tumbuh kembangnya bakteri Aeromonas hydrophila.

Ciri-ciri ikan lele yang terjangkit bakteri Aeromonas hydrophila '

1. Terdapat bercak merah keputih-ptihan (Red-Sore Disease) dibagian pangkal sirip samping, punggung, perut maupun ekor.

2. Ikan akan sering berada dipermukaan kolam dengan gerakan mondarr mandir yang sangat lamban, dan nafsu makan berkurang.

Pencegahan

Usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi baik pencegahan maupun pengobatan penyakit yang disebabkan bakteri' Aeromonas hydrophila ' adalah dengan pemberian bahan-bahan kimia maupun pemberian antibiotik sintetis seperti tetracycline.'' Pemberian bahan kimia ini memang dapat mencegah maupun mengobati penyakit pada ikan lele bila digunakan dengan dosis yang tepat, akan tetapi bila digunakan tidak terkontrol maka dapat menimbulkan' beberapa efek negatif. Residu antibiotik dapat mencemari lingkungan dan juga dapat dijumpai di tubuh ikan, sehingga ikan tidak aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Salah satu alternatif dalam mengobati' penyakit bakterial pada ikan adalah menggunakan bahan-bahan alami yang mempunyai kemampuan anti bakteri antara lain bawang putih untuk mengobati benih ikan lele yang terinfeksi Aeromonas hydrophila, kunyit, daun sirih, dan daun pepaya.

Pengobatan

Pengobatan dilakukan dengan mengkarantina atau memisahkan ikan yang terserang bakteri Aeromonas hydrophila'pada bak penampungan, 'tambahkan dengan melarutkan 3 sendok garam pada 10 liter air bila perlu ditambahkan sedikait cuka, kemudian rendam ikan lele yang terkena penyakit bakteri tersebut selama kurang lebih 15 menit, angkat kembali ikan dan pisahkan dari ikan yang lainnya. Hal ini bertujuan agar ikan yang terkena penyakit jamur tidak menyebar.

Pengobatan juga bisa menggunakan bahan kimia PK atau Kalium Permanganat, caranya larutkan kalium permanganat pada konsentrasi2mg/L, yang akan menghasilkanwarna ungu-merah muda dariair. Jika airberubah menjadi kuningatau coklatdalam waktu kurang dari8 sampai 10jam, makapengobatanharus diulang. Biasanya, maksimal tigaaplikasi(2 mg/Lmasing-masing)dianjurkanselamasatupengobatan(konsentrasi maksimum 6mg/L).

Pengobatan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya dengan menggunakan bawang putih. Kandungan anti oksidan yang terdapat pada bawang putih mampu membunuh bakteri dan jamur. Caranya dengan membuat tepung bawang putih yang dicampur dengan daun meniran, pembuatan dengan mencacah bawang dan daun meniran dan biarkan kering tanpa terkena sinar matahari. Setelah tepung selesai debuat, camputkan pada pelet atau makanan ikan, cara ini sangat efektif bila diterapkan pada bibit ikan yang terjangkit bakteri Aeromonas hydrophila. Perbandingan daun meniran dengan bawang putih yang digunakan adalah 2 : 1.'

Pengobatan dengan tepung' bawang putih dan meniran ini sangat efektif dalam pencegahan infeksi Bakteri Aeromonas hydrophila pada ikan lele dan dapat meningkatkan kelangsungan hidup 25-30% pada ikan yang terinfeksi.

Bakteri Aeromonas hydrophila ini memang bisa menghambat budidaya ikan yang kita jalankan, namun jika dalam penangannanya bisa dilakukan dengan maksimal, maka budidaya yang kita jalankan akan terhindar dari segala jenis penyakit. Terimakasih, semoga artikel mengenai Bakteri Aeromonas hydrophila pada ikan lele ini bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel