Cara Merencanakan Dana Pensiun Yang Optimal

Cara Merencanakan Dana Pensiun Yang Optimal - Pensiun Anda mungkin 30 atau 20 tahun lagi dari sekarang, tapi akan ada pensiun dimana anda yang akan mengatur kehidupan baru tersebut. Untuk beberapa kasus masa pensiun akan ada nya kebebasan, tidak ada pekerjaan, tidak ada tingkat stres kerja dan tidak ada bos. 

Cara Merencanakan Dana Pensiun Yang Optimal

Sementara bagi sebagian orang, pensiun akan menjadi pertanyaan besar tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya! Tapi pensiun adalah waktu ketika Anda harus menikmati hidup tanpa beban. Sekarang untuk beberapa orang menjalani hidup tanpa beban akan berarti bahwa memiliki rekening tabungan yang cukup besar untuk dinikmati selama masa pensiun

Tapi itu tidak semua memiliki perencanaan pension yang matang, perilaku pribadi yang baik juga penting. Semakin cepat Anda mulai berencana pensiun yang lebih baik untuk Anda. Jadi bagaimana menjadi seorang pensiunan bahagia?

Menjelajahi hobi pada masa pensiun adalah waktu terbaik. Harus ada hal-hal tertentu yang Anda ingin lakukan, jadi mengapa tidak mengejar nya dari sekarang? Anda bisa melakukan perjalanan di seluruh dunia, masuk dan mencoba olahraga yang sedang banyak di nikmati banyak orang. Hal tersebut akan membantu Anda tetap aktif dalam beraktifitas.

Orang-orang yang pensiun tahu bahwa hidup memiliki beberapa tujuan. Mereka biasanya memiliki arah yang benar terhadap setiap hal. Banyak orang yang pensiun tampaknya telah bebas dari tanggungan mereka baik tanggungan kepada anak anak nya karena sudah mandiri. Saat Anda tahu cara mengganti penghasilan Anda, Anda mendapatkan perasaan bahwa Anda secara finansial lebih aman. 

Cara mendapatkan penghasilan Anda selama masa pensiun dihasilkan dari hasil investasi yang telah anda lakukan ketika pada saat usia muda' jadi anda tidak perlu khawatir atau bekerja paruh waktu pada saat masa pension.

Perencanaan pensiun yang secara sempurna adalah tidak mudah. Perlu perencanaan yang tepat. Rencana pensiun dan uang tidak akan jatuh dari langit, Anda akan perlu beberapa tabungan atau berinvestasi yang benar dan berpikir untuk melakukan. 

Demi masa pension yang lebih terjamin mari mulai lah dari sekarang untuk memulai nya, yang perlu anda ketahu nilai sekarang tidak akan sama dengan nilai yang akan dating karena besar nya nilai Inflasi yang ada di Indonesia.

Setelah menyiapkan dana pension dengan cara berinvestasi alangkah baiknya selagi muda anda juga memikirkan asuransi kesehatan guna mempersiapkan perlindungan pada saat pension dan tentu nya premi nya akan lebih murah disaat usia anda masih muda ketimbang anda membeli nya pada saat usia pension, tentu nya premi nya akan sangat mahal sekali.

Ada beberapa tips ' tips dalam merencanakan dana pension yang baik diantara nya :
  • Semakin muda usia dalam menyisihkan dana untuk investasi, itu semakin bagus. Sebab, itu yang akan kita nikmati di usia tua,
  • Memilih produk investasi jangka panjang, misalnya seperti unit link yang sedang marak dipasaran
  • Pada saat Anda pensiun dan tidak terima gaji lagi, paling tidak Anda harus memiliki'income'sekitar 70 hingga 80 dari penghasilan terakhir. Ini untuk mencukupi kebutuhan Anda
  • Kami menyarankan agar sebisa mungkin menyisihkan separuh penghasilan untuk investasi. Misalnya, sekitar 20 persen dari besaran gaji saat ini.
Misalnya begini, penghasilan anda sebulan Rp10 juta, tetapi anda masih membayar sekolah anak, dan kebutuhan yang lain. Sisanya, katakanlah Rp2 juta. Artinya kan 20 persen, maka tabung sekarang jangan ditunda.

Sementara itu, untuk instrumen investasi, dia menyarankan, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Sebab, pada dasarnya kebutuhan setiap individu pasti berbeda. Kami selalu ingatkan, imbal hasil besar, risikonya juga besar. Demikian Cara Merencanakan Dana Pensiun Yang Optimal.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel