Cara Mengobati Penyakit Bintik Putih (White Spot) Pada Ikan Lele

Penyakit bintik putih (White spot) merupakan salah satu penyakit yang paling umum dan gigih yang terjadi pada ikan air tawar, penyakit jenis ini sering menyerang ikan lele, gurame, ikan mas dan jenis ikan air tawar lainnya. Hal ini disebabkan oleh protozoa Ichthyophthirius. Protozoa merupakan ektoparasit. Jika ikan terserang penyakit jenis ini akan disertai tanda putih yang terlihat seperti butir putih garam atau gula hingga 1 mm muncul di tubuh, sirip dan insang.

Jenis penyakit bintik putih ini sangat cepat menyebar dari satu ikan dengan ikan yang lainnya. Ini akan menjadi sangat buruk ketika kondisi ikan didalam kolam sangat padat, sementara 'banyakprotozoaberkembang biak didalamnya karena 'satuorganisme inidapat berkembang biakmenjadi ratusanparasitbaru.

Penyakit bintik putih (White spot)

Jika didalam kolam sudah terdapat satu atau dua ikan yang terserang penyakit ini, maka harus segera ditangani karena jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan terjadinya kematian secara masal.

Apa Bintik Putih itu?

Bintik putih adalah parasitprotozoadengannamailmiahIchthyophthiriusmultifiliis yang disingkat ICH. ICH adalah penyakitprotozoayang seringdisebut penyakit bintik putih, penyakit ini tersebar luasdisemuaikan air tawar.

Tanda ikan terkena penyakit bintik putih

tandaklasikdari'ikan yang infeksipenyakit bintik putihadalahkehadiranbintik-bintik putihkecil dikulit atauinsang. tanda initerlihat sepertilecetkecilpada kulit atausiripikan. Sebelummunculnyabintik-bintik putih, ikan dapatmenunjukkan tanda-tandairitasi, berkedip, kelemahan, kehilangan nafsu makan, danpenurunan aktivitas serta berusaha menggosok-gosokan badannya didinding kolam. '

Jikaparasithanya hadirpada insang, bintik-bintik putihtidak akanterlihatsama sekali,tetapi ikanakan matidalam jumlah besar. Dalamikan ini, insangakan terlihat pucat dansangatbengkak. Bintik-bintik putihsebaiknya tidak digunakansebagaisatu-satunya alatdiagnosiskarenapenyakitlain mungkinmemiliki penampilanyang sama. Jika iakan lele atau ikan lainnya mengalami hal demikian, maka ikan harussegera ditangani dan diobati karenaikanyangparahterinfeksimungkin tidak dapat bertahan dalam pengobatan dan akan mati.

Pencegahan Dari Penyakit Bintik Putih

Dalam upaya pencegahan penyakit bintik putih agar tidak menyerang ikan yang kita pelihara bisa dilakukan sebagai berikut:

1. Membeli ikan yang berkualitas dengan sumber yang jelas
2.Tempatkan bibit ikan yang baru saja anda beli ketempat penampungan bibit atau tempat karantina selama 2 minggu.'

3. Hindari fluktuasi suhu, pH, atau kadar amonia karena ini semua sangat menegangkan untuk ikan dan dapat'mengakibatkan'wabah'protozoa'penyakit'bintik'putih.
4. Jangan melakukan penebara ikan dengan sangat padat jika tidak memiliki penangan yang baik.

5. Utamakan untuk menjaga kualitas air kolam

Pengobatan Penyakit Bintik Putih (White Spot)

1. Menggunakan Kalium Permanganat (PK)

Kalium permanganatdapat diterapkan untuk mengobati penyakit bintik putih 'pada konsentrasi2mg/L, yang akan menghasilkanwarna ungu-merah muda dariair. Jika airberubah menjadi kuningatau coklatdalam waktu kurang dari8 sampai 10jam, makapengobatanharus diulang. Biasanya, maksimal tigaaplikasi(2 mg/Lmasing-masing)dianjurkanselamasatupengobatan(konsentrasi maksimum 6mg/L).

2. Menggunakan Pormalin

Formalinbukanpengobatanyang idealuntuk kolam, tetapi bekerjadengan baikdalam kolamdenganaerasiyang kuat. Formalintidak harusdijalankan melaluibiofilter, karena akanmembunuh bakteri.

Rendamkan ikan yang terinfeksi penyakit bintik putih dalam air yang dicampur pormalin dengan 'konsentrasijangka pendek250mg/Lselama 30sampai 60 menitdapat diikuti olehperubahanair.
Membersihkankolamjugaakanmengurangi jumlahparasit. Ketika menerapkanpengobatanterkonsentrasisepertiformalin, jangan pernahmeninggalkanikan diair yang diolahlebih lama dariyang direkomendasikan, dan jangan pernahmeninggalkan merekatanpa pengawasan. Ikan sakitmungkin tidak dapatmentolerirperawatan penuh. Karena mungkin merekamunculstresatau mencobauntuk melompat keluar darikolam. Merendam ikan denganjangkapanjang dalam larutan formalindapat digunakan pada konsentrasi15mg/L.'

Menggunakan Garam Dapur

Garamjuga dapat digunakanuntuk mengontrolpenyakit bintik putih yang 'terinfeksidalam volumekecil air. Hal ini tidakpraktis dalamkolamkarenalarutan garamringandari0,01% (100 mg/L), akan membutuhkanjumlah besargaram.

Dalam volume kecil(yaitu, tankatautong), 'garamdapat berguna. Ikandapatdicelupkan ke dalam3% (30.000 mg/L) solusiselama tiga puluhdetik hingga beberapa menit, atau merekadapat diobatidimandikanberkepanjanganpada konsentrasirendah(0,05% =500mg/L).

Garampada konsentrasi rendah(0,01-0,05% larutan) merupakansarana yang sangat baikuntuk mengendalikanpenyakit bintik putihdalam sistemsirkulasitanpa merugikanbiofilter.

Demikian artikel mengenai Cara Mengobati Penyakit Bintik Putih (White Spot) Pada Ikan Lele, semoga informasi ini bisa 'bermanfaat dan menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam menangani penyakit tersebut. terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel