Cara Menampilkan Latest Post By Category Di Wordpress

Kita telah ketahui sebelumnya bahwa untuk meningkatkan pageviews dan mengurangi bounce rate di wordpress adalah dengan menampilkan highlight posts, seperti postingan terbaru atau lebih dikenal sebagai recent posts/latest post.'Pada postingan kali ini kita akan coba membahas bagaimana cara menampilkan recent posts/latest posts by category di wordpress.

Cara Menampilkan Latest Post By Category Di Wordpress


Ada dua metode yang dapat kita lakukan dalam hal menampilkan recent post plugin di wordpress. Metode pertama adalah dengan menggunakan plugin, dan metode kedua adalah dengan menambahkan beberapa kode php. Kedua metode tersebut akan kita bahas pada postingan kali ini.
Menampilkan Recent Posts by category (Metode Plugin)

Kita perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Category Posts Widget.'Setelah plugin diaktifkan pergi ke'Appearance ' Widgets, Kita akan melihat ada widget category baru pada daftar widget yang tersedia.

Caranya mudah kita perlu drop and drag widget category baru tersebut dan meletakannya pada sidebar dimana kita ingin menampilkan widget recent posts by category.

Masukan title pada widget tersebut, setelah itu pilih category. Kita bisa mengatur opsi tampilan'lainnya, seperti jumlah postingan, post excerp, featured image, dan lainnya.

Setelah semuanya telah selesai klik tombol save untuk menyimpan pengaturan.
Menampilkan Recent Posts by Category tanpa Plugin

Pada metode ini kita akan menggunakan snipper kode untuk dapat menampikan recent posts dari category.

Caranya adalah masukan kode berikut kedalam file'function.php atau pada file site-specific plugin.function wpb_postsbycategory() { // the query $the_query = new WP_Query( array( 'category_name' => 'announcements', 'posts_per_page' => 10 ) ); // The Loop if ( $the_query->have_posts() ) { $string .= '<ul class="postsbycategory widget_recent_entries">'; while ( $the_query->have_posts() ) { $the_query->the_post(); if ( has_post_thumbnail() ) { $string .= '<li>'; $string .= '<a href="' . get_the_permalink() .'" rel="bookmark">' . get_the_post_thumbnail($post_id, array( 50, 50) ) . get_the_title() .'</a></li>'; } else { // if no featured image is found $string .= '<li><a href="' . get_the_permalink() .'" rel="bookmark">' . get_the_title() .'</a></li>'; } } } else { // no posts found } $string .= '</ul>'; return $string; /* Restore original Post Data */ wp_reset_postdata(); } // Add a shortcode add_shortcode('categoryposts', 'wpb_postsbycategory'); // Enable shortcodes in text widgets add_filter('widget_text', 'do_shortcode');

Ubah 'annaouncements' 'dengan slug category kita.

Kode tersebut mengambil category query untuk mengambil 10 postingan dari spesific category. Lalu menampilkan postingan tersebut, jika postingan memiliki featured image, maka kode tersebut juga akan menampilkan featured image tersebut.

Terakhir, kita buat sebuah shortcode 'categoryposts' lalu mengaktifkannya pada text widget.

Ada tiga cara untuk menampilkan recent posts by category menggunakan kode snippet tersebut.

Pertama, kita bisa paste kode berikut dimana saja kita ingin menampilkan recent posts by category. (footer.php, single.php, etc).<?php wpb_postsbycategory() ?>

Cara kedua dan ketiga adalah dengan menggunakan shortcode pada area widget dan pada postingan.

Pergi ke'Appearance ' Widgets'masukan kode [categoryposts] shortcode kedalam text widget, lalu save.

Jika kita ingin menampilkan recent post pada spesific post atau pada spesific postingan, maka paste kode shortcode pada bagian post content area.

Secara default tampilan recent post by category tidak terlihat bagus. Kita perlu menambahkan beberapa kode css untuk merubah tampilan tersebut. Kita bisa menggunakan kode css berikut sebagai langkah awal mengedit keseluruhan tampilan.ul.postsbycategory { list-style-type: none; } .postsbycategory img { float:left; padding:3px; margin:3px; border: 3px solid #EEE; }

That's all, sekian saja Cara Menampilkan Latest Post By Category Di Wordpress semoga postingan ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel