Cara Membuat Tabel Pada Postingan Wordpress

Cara Membuat Tabel Pada Postingan Wordpress - WordPress memiliki visual post editor yang dapat membantu kita dalam mengelola sebuah content management. Namun tidak semuanya dapat dilakukan pada default visual editor. Contohnya visual editor default wordpress tidak dapat membuat sebuah tabel. Bagi sebagian orang tabel sangatlah penting, dimana tabel berfungsi untuk mensortir sebuah data pada sebuah daftar yang tersusun rapi.


tablepress

Kita bisa membuat tabel secara manual menggunakan kode html dan css pada postingan, tentunya akan sangat sulit dilakukan bagi orang-orang yang masih belum paham mengenai html dan css. Pada postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat tabel pada postingan wordpress dimana kita tidak perlu menambahkan kode html atau css.

Disini kita akan menggunakan sebuah plugin untuk membuat tabel pada postingan blog wordpress kita. TablePress plugin memiliki semua fitur untuk kita dapat membuat sebuah tabel pada postingan blog wordpress kita. Instal dan aktifkan plugin TablePress. Setelah plugin tersebut diaktifkan di dashboard akan ada menu pilihan TablePress, lalu klik.

Untuk membuat sebuah tabel baru klik'Add New Table.'Setelah itu kita beri nama dan deskripsi mengenai tabel yang akan kita buat, lalu kita tentukan jumlah row dan kolom yang kita perlukan untuk tabel tersebut. Kita bisa mengeditnya kemudian. Setelah semuanya selesai klik tombol'Add Table.

Pada tampilan table editor kita masukan data untuk tabel kita, menambahkan atau mengurangi row atau kolom, drop and drag kolom dan sebagainya. Setelah tabel selesai dibuat saatnya kita masukan tabel tersebut pada postingan atau page.

Pada visual editor wordress kita akan melihat pilihan TablePress menu icon. Klik untuk menambahkan tabel yang sebelumnya telah kita buat pada TablePress Editor. Aka secara otomatis menghasilkan sebuah shortcode untuk table yang telah kita buat.

Mudah bukan untuk membuat sebuah tabel di wordpress?Kita tidak perlu menambahkan kode html atau css. Jika kita ingin mengkostumisasikan tampilan tabel, tentunya plugin tersebut menyediakan opsi untuk kita mengkostumisasikan tampilan tabel kita.

TablePress juga dapat mengimport data dari csv file, json file, HTML table dan format json, begitu juga kita bisa mengexport semua data tabel yang kita buat ke file CSV, HTML, dan format JSON, untuk lebih lengkapnya silahkan cek officcial website TablePress Documentary.

itu saja untuk postingan kali ini yang berjudul Cara Membuat Tabel Pada Postingan Wordpress semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel