Bagaimana Mendeteksi Lubang Hitam ? ilmu Fisika

Ini merupakan postingan selanjutnya mengenai Bagaimana Lubang Hitam bekerja ? Jadi di harapkan sebelum membaca artikel ini untuk membaca artikel sebelumnya.

Bagaimana Mendeteksi Lubang Hitam

Meskipun kita tidak dapat melihat lubang hitam, kita dapat mendeteksi atau menduga dengan mengukur dampaknya pada benda-benda di sekitarnya.'Efek berikut dapat digunakan:
Massa perkiraan dari objek yang mengorbit lubang hitam atau spiral ke inti
Efek lensa gravitasi

Pemancar radiasi


1.) Massa, Banyak lubang hitam mempunyai benda-benda di sekitar mereka, dan dengan melihat perilaku obyek dapat mendeteksi keberadaan lubang hitam. Kemudian gunakan pengukuran gerakan benda-benda di sekitar diduga lubang hitam untuk menghitung massa lubang hitam.

Apa yang dicari adalah sebuah bintang atau disk of gas yang berperilaku seolah-olah ada sebuah massa besar di dekatnya.'Misalnya, jika bintang terlihat atau disk of gas memiliki gerak 'bergoyang-goyang' atau berputar DAN tidak ada alasan untuk hal ini terlihat gerak DAN alasan tidak terlihat memiliki efek yang tampaknya disebabkan oleh suatu objek dengan massa lebih dari tiga'massa matahari (terlalu besar untuk menjadi bintang neutron), maka ada kemungkinan bahwa sebuah lubang hitam yang menyebabkan gerak.'Anda kemudian memperkirakan massa lubang hitam dengan melihat efeknya terhadap objek terlihat.

Sebagai contoh, dalam inti galaksi NGC 4261, ada disk, berwarna cokelat berbentuk spiral yang berputar.'Disk adalah tentang ukuran tata surya kita, tetapi berat 1,2 milyar kali lipat matahari.'Seperti massa yang sangat besar untuk sebuah disk mungkin menunjukkan bahwa lubang hitam hadir dalam disk (piringan/cakram).

Hubble Space Telescope image of the core of galaxy NGC 4261

2.) Lensa Gravitasi
Teori Relativitas Umum Einstein memprediksi gravitasi yang bisa menekuk ruang.'Hal ini kemudian dikonfirmasi saat gerhana matahari ketika posisi bintang sebelum diukur, selama dan sesudah gerhana.'Posisi bintang bergeser karena cahaya dari bintang itu dibengkokkan oleh gravitasi matahari.'Oleh karena itu, sebuah objek dengan gravitasi yang besar (seperti galaksi atau lubang hitam) antara Bumi dan sebuah objek yang jauh bisa membelokkan cahaya dari objek yang jauh menjadi fokus, seperti lensa.'Efek ini dapat dilihat pada gambar di bawah.

These images show the brightening of MACHO-96-BL5 from ground-based telescopes (left) and the Hubble Space Telescope (right).

Pada gambar di atas, terangnya macho-96-BL5 terjadi ketika sebuah lensa gravitasi berlalu antara dan Bumi.'Ketika Hubble Space Telescope memandang objek, ia melihat dua gambar objek yang berdekatan, yang menunjukkan efek lensa gravitasi.Objek intervensi itu terlihat.'Oleh karena itu, disimpulkan bahwa sebuah lubang hitam telah berlalu antara Bumi dan objek.

3.) Radiasi yang dipancarkan
Ketika material jatuh ke dalam lubang hitam dari sebuah bintang, hal itu akan dipanaskan hingga jutaan derajat Kelvin dan dipercepat.'Bahan superheated memancarkan sinar-X, yang dapat dideteksi oleh teleskop sinar-X. Bintang Cygnus X-1 adalah sumber sinar-X yang kuat dan dianggap sebagai calon yang baik untuk lubang hitam. Selain X-ray, lubang hitam juga bisa mengeluarkan bahan dengan kecepatan tinggi untuk membentuk pancaran.'Banyak galaksi telah diamati dengan pancaran tersebut.'Saat ini, diperkirakan bahwa galaksi tersebut memiliki lubang hitam supermasif (milyaran massa matahari) di pusat mereka yang memproduksi pancaran serta emisi radio yang kuat.'Salah satu contoh adalah galaksi M87

Penting untuk diingat bahwa lubang hitam bukan pembersih vakum kosmik ' mereka tidak akan mengkonsumsi segala sesuatu.'Jadi, walaupun kita tidak dapat melihat lubang hitam, ada bukti langsung bahwa mereka ada.'Mereka telah dikaitkan dengan perjalanan waktu dan lubang cacing dan tetap menarik benda-benda di alam semesta.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel