Apa Sih Fisika Itu

Apa Sih Fisika Itu ? Oke semuanya... pasti kalian sering bertanya-tanya tentang "apa sih fisika itu?"
bahkan terkadang kita sudah 'belajar dari SMP sampai sudah lulus SMA masih bingung mengapa kok mata pelajaran ini membahas suatu yang tidak penting. Ada guyonan juga yang mengatakan "orang fisika itu kerjaannya menghitung kecepatan buah kelapa jatuh dari pohonnya", kurang kerjaan...

Apa Sih Fisika Itu

emang sih, itu bagian dari fisika, tapi nggak gitu juga kali guys...

biar lebih mudah memahaminya kita buat pengertiannya menjadi sederhana saja.
Pengertian Fisika

Fisika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana fenomena alam dapat terjadi dan dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu ruang lingkup fisika itu sangat luas, karena semua fenomena alam yang ada di dunia ini dapat dipelajari dan dijelaskan oleh ilmu yang satu ini... gimana? keren kan? hehe

Jadi jangan bingung memisahkan mana yang fisika dan mana yang bukan. karena semuanya itu 'selalu berkaitan dengan fisika. Dari yang paling simple, seperti air mengalir. sampai yang paling rumit, seperti pesawat terbang dan kapal pesiar. semua itu bagian dari ilmu fisika.

Ada yang mengatakan fisika itu artinya "ilmu fisik, yang mempelajari hal yang terlihat saja". iya sih, memang kalau dilihat dari luar memang begitu. Tetapi ternyata fisika membahas suatu yang tidak kelihatan juga loh dek, alias "ghoib".
Kok bisa kak?

Bisa dong, fisika gitu loh. hehe

contohnya adalah yang terjadi pada handphone kalian, kok bisa menerima sms, bisa menerima pesan chating, video call, padahal tadinya tidak ada sama sekali. itulah salah satu aplikasi dari fisika yang tak nampak tadi. jadi itu semua dapat dilakukan dengan cabang ilmu fisika yang dinamakan dengan gelombang elektromagnetik.

Tak berasa, tak berbau, dan tak dapat disentuh. namun bisa sampai kemana saja. itulah ajaibnya gelombang elektromagnetik.

inget, ini baru salah satu cabang fisika aja dek. belum semuanya loh... cuma menguasai ilmu gelombang aja kamu udah bisa membuat alat komunikasi sendiri. apalagi menguasai ilmu fisikanya secara lengkap... pasti mantap deh...
Terus biar bisa fisika, gimana caranya kak?

karena kebutuhan ilmu fisika ini dek, makanya perguruan tinggi berlomba-lomba mencetak sarjana-sarjana muda yang kompetitif, maksudnya berdaya saing gitu. Bisa ditempatkan dimana saja dan dalam kondisi apapun. orang fisika kan tahan banting (udah belajar momentum). hehe

jadi kamu bisa bisa belajar secara formal di jurusan fisika yang sudah ada di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

tapi inget... bukan hanya pelajaran formal saja yang membawa kita ahli dibidang fisika. tapi praktek lapangan.

jadi jangan minder kalo nggak diterima di jurusan fisika. masih ada kesempatan belajar non formal, seperti diskusi dengan anak fisika atau dengan orang-orang yang memahaminya.

justru belajar yang bersifat diskusi inilah yang akan menjadikanmu lebih kritis dalam menanggapi masalah.

kalo udah kritis, biasanya solusi dari masalah akan muncul dengan sendirinya deh...
Katanya fisika itu ilmu fundamental ya kak? Artinya apa ya?

bener dek, fisika itu emang ilmu fundamental, artinya adalah ilmu dasar. karena disebut ilmu dasar makanya fisika itu sangat luas banget. bisa dikaitkan dengan semua bidang yang ada di dunia. mulai dari militer, kesehatan, pertanian, transportasi, pembangunan, sampai perdagangan pun bisa dikaitkan dengan fisika. tentunya kalo ditulis satu-satu bakalah gak cukup nih artikel, hehe

jadi jangan heran kalo ada lulusan fisika yang bisa merancang gedung, bisa jadi mandor pabrik, bisa buat hape, buat sistem kontrol pabrik, buat mobil, buat pesawat, buat kapal, dan buat yang lain-lain. karena mereka udah tau dasarnya, yaitu fisika.
Fisika itu susah gak sih kak?

ini nih, pertanyaan yang paling sering muncul kalo orang mau belajar fisika. pasti menganggap fisika itu pelajaran yang membosankan, sulit, dan ribet.

padahal fisika itu pelajarannya asyik, mudah, dan aplikatif.

kita bisa ngomong fisika itu ribet karena yang kita pelajari itu cuma teorinya aja. padahal fisika itu ilmu lapangan. ilmu yang bisa langsung diaplikasikan. kalo cuma belajar diruangan terus ya pasti sulit dan bosen lah...

istilahnya kayak kalian belajar masak, tapi yang kalian pelajari cuma cara membuat resep dan gak ada prakteknya, gak ada acara masak-masaknya. pasti bosen banget tuh. ujung-ujungnya menganggap pelajaran masak adalah pelajaran yang gak berguna. padahal cara belajarnya yang salah, bukan ilmunya.

begitu juga ketika kalian belajar fisika tapi nggak terapin. gak bakalan asyik.

jadi kuncinya adalah pelajari cara belajar yang benar, terus mulailah belajar sambil dipraktekin. biar gak bosen gak enjoy dalam belajar. banyak-banyak diskusi dengan orang orang yang lebih mengerti juga akan membantumu dalam memecahkan suatu masalah.

oke guys, sekian untuk kali ini, silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.. dan sampai jumpa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel