Asuransi Jiwa Murni, Definisi dan Alasan Kenapa Memilihnya ?

Asuransi Jiwa Murni - Istilah asuransi bisa didefinisikan dengan arti menanggungkan sesuatu pada pihak kedua dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Sehingga asuransi jiwa bisa diartikan dengan menanggungkan jiwa kepada perusahaan asuransi. Yang menanggungkan tentu peserta asuransi. Asuransi jiwa murni secara umum bisa diartikan dengan menanggungkan jiwa secara murni bukan untuk yang lain sehingga pembayaran premi hanya berkaitan dengan jiwa begitu juga dengan klaim yang akan didapatkan ketika terjadi sesuatu pada jiwa yakni kematian atau hidup terlalu lama.


Alasan Umum Memilih Asuransi Jiwa Murni

Asuransi jiwa murni nantinya bisa dibeli untuk kepentingan sendiri yakni peserta asuransi atau untuk pihak ketiga bisa istri atau anak. Sehingga ketika terjadi kematian, klaim akan diberikan kepada dirinya sendiri, istri atau anak sesuai dengan kesepakatan bersama perusahaan asuransi ketika mendaftar asuransi jiwa ini. Dari sini bisa dikatakan jika jenis asuransi yang satu ini memiliki tujuan menanggung jiwa / hidup seseorang agar terhindar dari kerugian finansial ketika terjadi hal tak terduga (kematian).

Ada beberapa alasan umum kenapa banyak orang memilih jenis asuransi yang satu ini. Berikut ulasannya;

Perlindungan Penghasilan untuk Keluarga

Sebagaimana diketahui, biasanya pihak atau perusahaan asuransi akan menawarkan jenis asuransi jiwa murni dikarenakan tidak ada yang tahu dengan hari esok. Jika kemudian terjadi hal tak terduga kemudian meninggal, otomatis keluarga baik istri maupun anak akan ditinggalkan. Dengan adanya asuransi ini, perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan kepada keluarga.

Perlindungan Akibat Penyakit Penyebab Kematian

Dari sekian banyak jumlah atau nama penyakit, terbukti ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Menurut WHO (World Health Organization), paling tidak ada 10 jenis penyakit yang secara utama dapat menyebabkan kematian penduduk Indonesia, yakni;
  • Diare
  • Darah tinggi
  • Diabetes
  • Kecelakaan lalu lintas
  • Penyakit paru-paru
  • Penyakit bayi baru lahir
  • Penyakit pernafasan
  • Kelainan pembuluh darah
  • Tuberkolosis
  • Jantung koroner
Tentunya, selain di atas ada penyakit stroke, kanker, diabetes, ginjal dan lain sebagainya yang dapat merenggut nyawa. Banyak peserta asuransi jiwa murni yang menggunakan alasan ini karena mereka tahu jika penyakit yang dideritanya cepat atau lambat dapat merenggut nyawanya dan meninggalkan keluarga. Harapan mereka adalah mendapat uang pertanggungan ketika sudah meninggal.

Cara Menabung, Persiapan Pensiun

Tidak sedikit yang menggunakan asuransi jiwa sebagai alat atau cara untuk menabung jangka panjang untuk hari tua nanti. Hal ini dikarenakan premi yang sudah dibayarkan tidak mudah diambil kecuali sesuai dengan prosedur. Jadi, ketika sudah tiba masa udzur / tua dan tidak bisa mencari pekerjaan atau memberi nafkah kepada keluarga, maka uang pertanggungan bisa diambil dan digunakan.

Alasan-alasan di atas sangat umum digunakan oleh mereka yang ingin 'mengamankan' diri mereka. Bisa jadi, selain alasan di atas masih ada alasan lain tapi yang paling umum adalah apa yang sudah disampaikan di atas. Nah, ini sedikit gambaran tentang asuransi jiwa yang murni yang tidak menambahkan jenis asuransi lain seperti asuransi kesehatan, kecelakaan kerja dan lain sebagainya.

Biasanya, hal yang diperhatikan oleh mereka yang menjadi peserta asuransi jiwa murni adalah tentang persyaratan klaim. Hal ini juga sebenarnya berlaku untuk jenis asuransi lain. Tidak sedikit dari banyaknya peserta asuransi yang tidak membaca detail tentang syarat klaim sehingga ketika membutuhkan sejumlah uang, klaim tidak bisa diambil karena tidak memenuhi syarat. karna asuransi jiwa murni adalah murni asuransi jiwa. jika si pemegan polis meningal dunia maka akan keluar uang pertangungan dengan nilai yang ada di polis asuransi. Sekian semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel